Rorotan merupakan salah satu kawasan yang berada di Jakarta yang berlokasi di sebelah timur jalan tol Cakung-Cilincing. Sebuah kawasan yang masih berada dalam tahap pengembangan, dari pola spasial nya kawasan ini masih berupa lahan pemukiman dengan area hijau yang masih alami. Studio 2 kali ini kami mencoba untuk mendisain kawasan ini dengan pendekatan kebutuhan rumah susun untuk warga yang akan tinggal. Melihat kasus ini yang pertama terbenak dipikiran saya adalah program 1000 tower. Para pembaca yang cerdas tentu masih ingat mengenai program tower tahun 2007 yang dicanangkan oleh pemerintah DKI Jakarta, mereka memiliki sebuah ambisi menarik yaitu membuat 1000 tower dalam jangka waktu 5 tahun. Bagi yang ingin membaca lebih detailnya kurang lebih seperti ini : 














Sebelum memulai sebuah perencanaan, ada baiknya mempelajari terlebih dulu preseden yang telah ada atau pengalaman yang telah dilakukan orang lain untuk mengoptimalkan kekuatan desain yang akan diciptakan. Dari wacana 1000 tower tersebut mula mula saya mencoba melihat permasalahan apa yang ditimbulkan dari faktor pembangunan itu sendiri, sudah jelas ini bukan untuk mencari kesalahan tapi untuk studi kasus memperdalam pemahaman mengenai perencanaan yang akan dilakukan. Berikut permasalahan pembangunan yang kemudian muncul dari program pemerintah tersebut :












Sebuah analisa sederhana untuk memahami permasalahan yang terjadi adalah "melihat kesenjangan antara kondisi ideal dengan fakta dilapangan". Ideal tower yang ingin dibangun saya tulis pada kondisi Ideal, seperti target tower yang akan dibangun, jangka waktu pembangunan (time), siapa yang akan tinggal disana (who), cara pembayaran (willingness to pay), dan berapa harga per rusun. Mungkin masih banyak lagi faktor-faktor pendukung yang bisa dimasukkan semisal dimana tempat yang akan dibangun dll. Setelah mendapat kan data itu semua kemudian mencoba melihat fakta yang terjadi dilapangan. Melihat fakta dapat dilakukan dengan mencari artikel terkait atau dengan pengamatan langsung. Dari berbagai media yang telah dikumpulkan ternyata saya menemukan beberapa fakta-fakta yang menarik untuk dibahas. Beberapa fakta yang saya tulis di atas belum ada yang memenuhi kondisi ideal. Hal ini tentunya memunculkan permasalahan baru. Permasalahan itu kemudian menjadi ajang diskusi dan pembelajaran lebih lanjut di studio sebagai salah satu studi perencanaan tower di Rorotan District.  

Penggambaran image suatu kawasan merupakan hal yang terpenting dalam perencanaan, apalagi presentasi desain kepada klien. Untuk memberikan kesan yang kuat terhadap suatu kawasan dapat kita perlihatkan melalui image. Image Rorotan District ini ditunjukkan dengan montase yang akan menjadi keunggulan dari kawasan ini. 

























Keunggulan dari kawasan ini yang ingin kami tunjukkan adalah adanya kanal yang mengitari kawasan ini. Konsep kanal ini kami nilai memberikan kesan khusus yang memperkuat identitas kawasan. Untuk dapat memberikan image yang tepat dalam waktu yang singkat saya mencoba membuat montase sederhana untuk gambaran kawasan ini. Image diatas bukan hasil renderan 3d max, sketch up, rhino, atau program 3d lainnya, melainkan murni hanya permainan photosop (montase). Sebuah teknik sederhana namun memiliki kekuatan image yang mampu memperlihatkan gambaran keinginan dari desain kita secara sekilas. Mungkin bagi pembaca cerdas yang tertarik bisa belajar juga membuat tutorial nya "disini"


Best Regard
A+A