Project Name   : New Urban Typology
Site Location    : Seturan District
Urban Designer : Ardhyasa F. Gusma
Buku                : Urban Design Now (Seturan Urban Imagination for Livable Future)

















Seiring perkembangan jaman, lahan persawahan semakin lama semakin menghilang. Padahal salah satu kelebihan negara Indonesia adalah negara agraris, dimana basis kekuatan berada pada bidang pertanian. Kekuatan ini menjadi konsep utama dari perencanaan urban design ini. Menjaga keeksistensian lahan persawahan dengan bangunan baru yang dapat meningkatkan hasil produksi nya, tidak hanya itu, peningkatkan nilai vitalitas area persawahan sebagai area rekreasi bersantai yang sudah lama hilang di area perkotaan juga dapat dimunculkan kembali. Suasana ini lah yang menjadi ciri khas kota di Indonesia di masa dahulu, kini, dan yang akan datang.

Perencanaan desain ini telah beredar dalam buku "Urban Design Now" edisi pertama tahun 2013. 17 alternatif desain perencanaan pada kawasan Seturan, Depok, Yogyakarta. Beberapa desain guideline yang dapat digunakan sebagai referensi dalam pengembangan kawasan kedepannya.



Buku Urban Design Now, publisher : DKB 29





















Berikut beberapa content dari buku ini, apabila anda berminat, dapat menghubungi email yang tertera pada akhir sesi berikut :



Depok Sport Center 1

Depok Sport Center 2

Koridor Selatan Seturan 1

Koridor Selatan Seturan 2

Seturan Distrik 1

Seturan Distrik 2